Mata kuliah Falsafah Sain: Etika Bisnis dan Corporate Governance (FSEBCG)  bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang berbagai konsep dan teori Etika dan Corporate Governance yang berkaitan langsung dengan bisnis. Kuliah ini juga membahas berbagai praktek Good Corporate Governance di berbagai perusahaan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan interdisipliner dengan penekanan pada dua topik utama, yaitu etika bisnis dan tanggung jawab sosial (social responsibility). Di samping itu, kebijakan dan isu terpilih akan digunakan sebagai ilustrasi tentang pentingnya komponen etika dalam penyusunan keputusan bisnis

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Matematika dan Statistika untuk Manajemen dan Bisnis (MSMB) ini memberikan landasan metode kuantitatif yang sangat dibutuhkan untuk memahami teori ekonomi dan manajemen operasi serta metode kuantitatif, seperti statistika, ekonometrika serta pemrograman matematis, yang tentunya diperlukan untuk menyelesaikan tugas akhir. Materi pokok matakuliah ini mencakup dasar-dasar matematika terapan serta dasar-dasar statistika terapan

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mahasiswa diberikan metode-metode kuantitatif yang diperlukan dalam melakukan suatu riset empiris untuk studi lanjutan atau riset yang sedang dilakukannya. Mata kuliah ini diberikan dengan lebih menitikberatkan pada aplikasi riset bisnis daripada pengembangan teorinya. Mata kuliah ini secara konsisten memberikan informasi mengenai konsep pengembangan model. Teknik-teknik yang dikembangkan di dalam mata kuliah ini secara luas dapat diaplikasikan pada bidang-bidang manajemen, pemasaran, finansial, ekonomi, maupun perilaku organisasi. Di dalam mata kuliah ini juga diperkenalkan aplikasi metode kuantitatif dengan menggunakan komputer

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Pada mata kuliah Ekonomi untuk Manajemen dan Bisnis (EMB) ini dibahas prinsip-prinsip dasar ilmu ekonomi yang meliputi Perilaku konsumen, Perilaku produsen, Mekanisme pembentukan harga dalam pasar, dan Peranan pemerintah dalam mekanisme pasar. Pembahasan mencakup perilaku ekonomi di tingkat mikro maupun makro atau agregat

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Ekonomi Manajerial Lanjut (EML) difokuskan pada isu-isu teori makroekonomi dan mikroekonomi, beserta berbagai implikasinya pada situasi bisnis riil. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa diberikan pengenalan dan pendalaman mengenai alat-alat ekonomi untuk menganalisa perilaku konsumen, prinsip-prinsip teori produksi dan biaya dalam suatu industri, serta kebijakan penentuan harga pada pasar-pasar yang berbeda

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Teori Organisasi (TO) berhubungan dengan aspek-aspek perilaku individu di dalam organisasi, serta proses pengelolaan organisasi. Dalam mata kuliah ini dipelajari faktor-faktor manusia dalam manajemen, cara mengelola individu, hubungan antarindividu maupun pengembangan tim. Secara khusus di dalam mata kuliah ini juga dibahas mengenai perubahan organisasi melalui kepemimpinan

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Manajemen Keuangan dan Investasi Lanjut (MKIL) bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang hubungan antara investasi, pembelanjaan, kebijaksanaan deviden terhadap tujuan perusahaan, serta memberikan pemahaman tentang berbagai teknik analisis di dalam penyelesaian masalah-masalah yang berhubungan dengan manajemen keuangan. Membahas tentang konsep-konsep lanjut yang difokuskan pada lingkungan ekonomi (termasuk pasar uang), resiko, dan proses penilaian.  Selain itu, dibahas pula tentang teknik-teknik khusus dalam pengambilan keputusan untuk memaksimumkan nilai investasi perusahaan

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Manajemen Strategik Lanjut (MSL) memperdalam konsep-konsep strategi dan implementasinya dalam organisasi. Mata kuliah ini membantu mahasiswa mengapresiasi peranan manajer dalam menciptakan dan mempertahankan keberlanjutan kinerja organisasi. Melalui mata kuliah ini pengembangan kemampuan antarfungsi manajerial secara holistik dilakukan untuk mengenal pola-pola strategi yang harus diterapkan pada kondisi ketidaksempurnaan ketersediaan informasi

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Lingkungan Ekonomi dan Bisnis (LEB) memperkenalkan mahasiswa pada perubahan dan tantangan dari manajemen dalam dunia yang dinamis. Pemasaran multinasional dan kompetisi global, kekuatan teknologi, perbedaan sosiokultural dari tenaga kerja berpendidikan, penekanan mengenai kesadaran lingkungan, tanggung jawab sosial dan perilaku etika manajerial, secara radikal telah mengubah tataran bisnis dan manajemen di dunia. Mata kuliah ini mengadaptasi perspektif manajerial mengenai aplikasi-aplikasi praktis dari konsep-konsep dan teori-teori ekonomi dan bisnis. Mata kuliah Lingkungan Ekonomi dan Bisnis ditekankan pada tren perubahan struktur dan praktek-praktek manajemen di masa depan. Perubahan tersebut dalam hal ini dinyatakan sebagai respons dari perubahan perekonomian global-regional-nasional, serta percepatan aplikasi teknologi baru yang akan mempengaruhi aktivitas manajerial dalam organisasi

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet