Interdept / Fakultas

Mata kuliah ini membahas  tugas dan kewenangan tugas profesi dokter hewan serta peranannya dalam masyarakat, termasuk kontribusi bidang kedokteran hewan dalam pendekatan one health untuk mengharmonikan kesehatan manusia-hewan dan lingkungan; Penekanan diberikan pada tugas dan tanggung jawab profesi yang berkaitan  dengan penerapan dan pengawalan kesejahteraan hewan (animal welfare). Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari definisi dan ruang lingkup kesejahteraan hewan, serta berbagai konsep kesejahteraan hewan, termasuk Prinsip Lima Kebebasan (Five Freedom Principles) dan 3R; Berbagai masalah kesrawan yang sering terjadi pada hewan ternak, companion animals, hewan coba dan satwa liar yang di lokasi konservasi ex situ.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini peserta didik akan dapat menjelaskan konsep dan penerapan pengelolaan kesehatan hewan dan lingkungan dalam rangka penanggulangan penyakit hewan berdasarkan pada paradigma One Health

Matakuliah ini menjelaskan tentang definisi, klasifikasi, jenis, penggunaan, anatomi, fisiologi, manajemen pemeliharaan, handling, manipulasi, koleksi sampel, kesejahteraan, dan penyakit hewan-hewan laboratorium, serta penanganan limbah biomedis dan etichal clearance penggunaan hewan laboratorium. Kunjungan berupa fieldtrip ke beberapa fasilitas hewan laboratorium diberikan untuk menunjang dan melihat langsung praktik pengelolaan hewan laboratorium.
  • Enrolled students: 31

Mata kuliah ini membahas tentang  perkembangan konsep-konsep kesejahteraan  hewan.  Penerapan prinsip kesejahteraan hewan dalam pemeliharaan dan penanganan hewan,  serta  tatacara penilaian kesejahteraan hewan melalui indikator perilaku hewan, fisiologi, serta kesehatan dan produksi hewan.

Mata kuliah ini membahas definisi,klasifikasi,anatomi,fisiologi serta habitat satwa akuatik. Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis penyakit yang sering ditemukan pada satwa akuatik serta cara pencegahannya